Senin, 16 Mei 2011

Senang VS Bersyukur

Haii!!! hohoho...
HARI INI AKU LULUS BO!!!
iya.. lulus... L-U-L-U-S
hah g penting... mari kita bahas yg lain saja

Sekolahku... SMA N 5 SEMARANG lulus 100%!!! Peringkat ke-4 se-kota Semarang. Hahaha...

Tau kan, tradisi turun temurun nenek moyang kita kalau lulus SMA... itu lho konvoi dan corat-coret baju...
Meski pihak sekolah udah pake ultimatum, ijazah bakal ditahan, ternyata anak-anak SMA 5 muka tembok semua... Langsung di depan pagar sekolah, di depan mata para guru, anak2 mengeluarkan senjatanya masing2...pilox dan spidol warna-warni. Sampai Pak Maryadi bilang, "Ya Allah! Ya Allah! Ya Allah!" hehehe...

Btw, aku nggak ikutan corat-coret lho... meskipun pada akhirnya pulang sampai di rumah, ambil spidol dan langsung menggambar di baju seragam...

Tapi kayaknya Yang Maha Kuasa pengen ikutan ngasih ucapan selamat deh... pas pulang ke rumah, aku langsung digutur hujan yg cukup deras... anyway kadang ada petirnya juga lho!
Hehehe... jadinya, tanpa corat-coret, diguyur hujan pun jadi... Malahan ini berasa ada berkatnya lho! Habisnya langsung dari Yang Maha Kuasa sih..
Dan sialnya sampai rumah tuh ujan mulai reda... fiuh... basah kuyup dah!

Oya, pengumuman kelulusan dapetnya dari website www.sman5smg.sch.id (Dasar sekolah! nggak mau ngasih liat langsung!)
btw, hasilnya lumayan juga lho...
nih.. tak lihatin...
buat yang nilainya di atas aku... slamat ya... your the best!
buat yg di bawah aku... tetap semangat! mungkin itu nilai salah ketik. hehehe... jangan sedih.. (lagaknya, kayak banyak aja yg nilainya di bawahku. Padahal...)

Total saya: 53,15...
dan selamat buat Oka... katanya dia peringkat 1 sekolah... woow!! asoy!!

Nilai UAN SMA atas nama Mb. Cresen...
B. Indonesia : 8,8 asoy... mirip Densus anti teror 88 ya? kebetulan saya benci dengan teroris.. jadi mungkin dikasihnya nilai segitu...
B. Inggris : 8,75 hem... itu sih biasa.. saya kan org Indonesia. ya jelas nilai segitu doang... nilai rendah tanda saya masih cinta Indonesia.. (halah, bisanya... nggak mau ngaku kalo nilainya lebih rendah)
Matematika : 8,6 duh.. mungkin ini nilai diambil dari 2 digit terakhir nomor rumahku.. 186... yang jelas.. aku inget bgt waktu itu ada satu soal yg huh!! salah mbunderi! Tapi gpp deh.. mengingat tiap kali try out nilai mat selalu dibawah garis kemiskinan huhu..
Fisika : 8,5 ajib...!! ini juga sama kayak mat... cumma waktu try out nasibnya lebih baik.. tappi UN jadi kebalikannya..
Kimia : 9,25 taraaa!!! hiks..hiks..hiks.. akhirnya ada nilai 9 juga... kebetulan, kimia adalah mapel yg aku cintai... gini2 di SMA aku ketua Olimpiade Sains Nasional Kimia lho..
Biologi : 9,25 wah kembaran sama kimia... ini jadi modal awal bwt masuk kedokteran... yihaa!!!

Ya, begitulah review nilaiku... awalnya agak syok juga lihatnya. Sampai bilang kok sitik ya? tapi kembali lagi... seseorang menginatkan aku untuk kembali bersyukur... Thanks to danik.

Untuk itu, aku mau membahas senang Vs bersyukur...
Waktu mau berangkat sekolah sore tadi, aku jadi dapet kata-kata bagus. Begini katanya:
SENANG karena bisa BERSYUKUR
bukan
BERSYUKUR karena bisa SENANG

kata-kata ini yang sempat menampar aku (ceila menampar...) Jujur, aku ini tipe pesaing. Kalo dalam akademis ya. Sejak SMA aku selalu puas dengan nilai2ku.. Bisa rank 1.. Rata2 bagus..
But now, saat pengumuman nilai UAN aku jadi 'jatuh'...
Dan untuk mengurangi rasa jatuh itu.. aku selalu bilang, "Lhah, kadar nilai UAN wae kok! Bijine gak kanggo. Wong sesuk yo ora sekolah ning kono meneh kok! Sing penting ki, snmptn undangan!"

Mungkin... ini bikin aku jadi sedikit kurang bersyukur...
Yeah, dulu.. aku selalu mikir orang pinter dan sukses nilainya pasti bagus... tapi...
ternyata that's not very much important..
Knowledge.. just take 20%.. but, creativity, communicate, diligent, hard worker are taking 80%

Sepertinya orang yang sudah terbiasa di 'atas' kalau 'jatuh' pasti sakit lah, gengsi lah, bla..bla..bla.. hal ini sangat berlaku untuk aku saat ini. Tapi, aku selalu percaya kalau ada sesuatu rencana dari Tuhan yang lebih indah daripada sekedar itu.. toh ini hanya masalah nilai mapel semata.. bukan nilai-nilai yg lain yang disuatu saat nanti harus dipertanggung jawabkan kepada Yang Maha Kuasa...

Intinya...
Selalulah senang karena bisa bersyukur.. walau terkadang itu sangat sulit.. i know, manusia susah untuk puas
Dan janganlah bersyukur karena bisa senang... itu namanya nggak pernah menghargai semua pemberian Tuhan

Well, semoga apa yg aku tulis ini bisa bermanfaat. Anyway, doakan ya.. aku mau ndaftar PTN nih.. hahaha... doakan aku, biar jadi orang yg selalu bersyukur.. karena itu lebih berharga nilainya ketimbang nilai-nilai UAN.. menurutku loh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar