Kamis, 24 Mei 2012

Harga Perangko Untuk Kartu Pos

Trus sekarang lanjut ke harga perangkonya..
Jujur nih, aku suka frustasi sama harga perangko. Soalnya perangkonya tuh seringnya lebih mahal dari pada kartu posnya. Dan aku juga masih suka nerawang2 buat tarif kirim pake perangko. Cuma modal patokan.
Herannya sekarang kalo dari Semarang kartu-nya suka ga nyampe! bete deh. Gara2 itu juga aku sempet vakum beberapa bulan karena males keluar duit tapi kagak pernah nyampe tuh kartu. Akhirnya setelah tanya sana-sini dan pencerahan sana-sini begini revisi harganya :

Kalo kirim kartu pos dari Semarang ke negara - negara lain, patokannya jadi gini :

- Eropa : 5000
- Amerika : 5000
- Asean : 4000
- Asia (diluar asean) : 4000 - 5000
- Dalam negeri : 2000 - 2500 (tergantung deket enggaknya)

Soalnya pertama kali kirim aku dikasih tau sama bapak-bapak di bagian filateli, kalo kirim pake perangko 5000 udah cukup.
Kalo tanya sama @posindonesia (via twitter) harga perangko untuk kqartu pos malah lebih mahal, sekitar 10.000-15.000. Tapi dijamin sampai dengan selamat dan cepat. Yeah, cepet sih cepet tapi tekor juga kali.
Dan harga itu pun belum tentu nyampenya cepet. Karena pake prangko 4500 ke Thailand baru nyampe 37 hari kemudian. Hopeless.

Yah, dikira-kira lah ya. Kalo jauh banget pake prangko 6000 aja. Kemungkinan besar sih sampai cuma lama banget nyampenya (apalagi kalo kirim ke Rusia, bisa sebulan lebih).
Aku belum sempet nanya sama petugas kantor pos pusat semarang sih tentang tarif perangko untuk kartu pos dari Semarang ke negara-negara lain ato ke daerah lain. Mungkin untuk wilayah Jawa harganya sama kali  ya. Pukul rata gitu.
Tapi kalo untuk dari Jakarta bisa lihat ke blognya Mbak Nanien.
Atau kalo kirim barang lainnya bisa di cek ke Pos Indonesia.

Oya, tips satu lagi. Kalo mau kirim kartu pos ke luar negeri mending kirimnya langsung ke kantor pos Erlangga (Belakang Gedung Pramuka JL Pahlawan). Karena menurut info dari Mbak Novie, Postcrosser Semarang, kantor pos Erlangga itu pusatnya pengiriman ke luar negeri dari Semarang. Untuk dalam negeri via kantor pos pusat Johar aja, bisa lebih cepet dan kalo kirim paket harganya lebih murah ketimbang kirim dari kantor pos cabang. Ada toko filatelinya juga, jadi yg mau beli perangko bisa ke Johar, bisa milih2 hehe..

Semoga membantu ^^


10 komentar:

  1. Waah, tadi aku kirim ke Rusia kok 20rb ya =.=a

    BalasHapus
  2. Wah kemahalan pake banget itu.... (>_<)
    Kirim pake kartupos harga perangko mentoknya cuma 5rb tapi nyampenya lumayan lama sekitar sebulan lebih.
    Kalo kartu pos mentok termahal cuma 5000. Aku selalu kirim pake harga itu dan nyampe-nyampe aja tuh

    BalasHapus
  3. mau kasih info aja mbak, aku jg join di postcrossing.com biasanya kalo buat ngirim kemana-mana aku pake yg perangko 2500, dan sampe ke tujuan semua kok cuma waktunya aja yg rada lama. aku baru aja kirim ke poland 16 hari sampe. tapi kalo mau masukin postcardnya jangan lewat paket tapi ke bis surat nya itu,gak pake bayar lagi. jadi hemat buat kantong pelajar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke makasih infonya ^^
      Ditempatku jarang lewat bis surat deh. Atau akunya yg ga tau ya? hehehe..
      Kirimnya dari Semarang juga? Wah hemat bgt kalo itu. bisa ngirit 50%

      Hapus
  4. maksudnya beli perangko yg 5000 itu beli dimana ya mbak? kalo beli perangko biasanya saya di Kantor Pos. makasiih infonya berguna sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, perangko 5000 belinya di kantor pos.
      Senang bisa membantu. ^^

      Hapus
  5. baru join di postcrosssing nih. thanks banget loh info tarifnya. membantu biar ga kena 'dikerjain' buat nempelin perangko dengan tarif lebih mahal dari oknum :)

    BalasHapus
  6. kalau ngirim post card gitu bisanya cuma lewat kantor pos indonesia doang ya?

    BalasHapus
  7. Hallo! Kalo di kantor pos Erlangga tarifnya masih sesuai tarif biasanya kan (dibawah 10rb)? Aku lagi nyari kantor pos di Semarang yang tarifnya sesuai kantong nih XD

    BalasHapus